Rabu, 08 April 2020

Sortir Barang

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh




pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang pembuatan sorting benda small, medium, dan big yang sangat sederhana diaplikasi cx programmer ( Plc omron)


ladder diagram




tabel pengalamatan


Prinsip kerja

Sorter machine ini menggunakan konveyor yang dimana sistem penyortiran barang inimenggunakan sistem ukuran'size barang yang akan di sorlir. Pada konveyor lerdapat 3 bagian pintu  portal yang masing-masing akan menyortir barang dengan ukuran kecil(small). sedang(medium), dan besar(big). L'ntuk sistem portal penyortir tersebut menggunakan motor reverse/forward yang digunakan untuk membuka tutup portalnya, untuk membulasi tutup bukanya portal tersebut digunakan 2 limit switch sensor untuk pada saat portal terbuka dan pada saat portal tertutup untuk satu buah portalnya.

Untuk mendeteksi gate portal mana yang akan menutup jalur konvesornya, kita beri sensor proximity secara 3 tingkat, tingkat pertama untuk mendeteksi barang dengan size small, tingkat kedua untuk size medium, dan tingkat ketiga untuk size big. Dan kita taruh juga 3 buah sensor proximity pada saat barang telah memasuki box penyortiran yang dimana sensor ini berfungsi untuk membuka portal seperli semula. Sistem ini dikendalikun 3 buah tombol dan 3 buah lampu indikator(start, stop, dan emergency)

Pada saat tombol start dinyalakan, sistem on, bergerak. Jika lerdapat barang dengan size kecil, maka sensor S SMALI. akan mendeteksi barang, maka portal pertama(GS CLOSE) akan menutup konveyor, portal akan menekan limit switch LSS_CLOSE yang membuat GS_CLOSE behenti bekerja, pada saat barang sudah jatuh ke dalam box sortir. maka sensor GSS OPEN akan mendeteksi dan akan memerintahkan portal(GS OPEN)agar terbuka, dan akan menekan 1. SS OPEN yang akan memutus rangkaian GS OPEN. Jika barang medium yang datang, maka sistem sama namun bedanya yang mendeteksinya sensor S_SMALL dan S_MEDIUM, begitu jg dengan barang yang big, maka sensor yang akan mendeteksinya S SMALL, S MEDIUM, dan S BIG. Jika tombol off ditekan sistem semua akan mati. Jika tombol emergency yung ditekan semua sistem akan mati dan lampu emergency akun berkedip dengan jeda I detik. Sistem akan dapat bekerja jika tombol emergency direset.  


   
video simulasi






Sekian dan Terimakasih
wasalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

imam nurfii


Tidak ada komentar:

Posting Komentar