Minggu, 10 Mei 2020

cara kerja dan Safety pada Crane (alat BERAT)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarokatuh



Crane merupakan sejenis alat angkat yang mana dilengkapi dengan sebuah tali pengangkat(seling) yang dapat digunakan untuk mengangkat dan menurunkan material dengan gerak vertikal-horizontal serta dapat memindakan dari suatu tempat ke tempat lainnya. biasanya crane digunakan untuk mengangkat benda atau material yang memiliki bobot sangat berat. 

kali ini saya akan membagikan simulasi pemrograman cara kerja Crane dan safetynya di aplikasi cx programmer dan cx designer.

soal

  1. Jika tombol Open ditekan maka Crane siap dioperasikan. lampu HIJAU menyala
  2. Jika tombol Lock ditekan maka Crane berhenti bekerja dan diam di tempat, Lampu indikator MERAH menyala. Tombol Lock bisa direset menggunakan tombol OPEN.
  3. Jika tombol Emergency ditekan maka Crane berhenti bekerja dan diam di tempat, lampu indikator MERAH menyala. Tombol Emergency  bisa direset menggunakan tombol OPEN.
  4. Jika sensor berat mendeteksi OVERLOAD maka lampu indikator MERAH berkedip ,  CRANE berhenti. OVERLOAD direset menggunakan tombol OPEN dengan catatan beban sudah di kurangi
  5. Tombol Operasi Maju-Mundur, Kiri-Kanan, dan  Naik- turun masing masing saling mengunci hanya bisa beroperasi salah satu.

ladder diagram



tabel pengalamatan


















video simulasi menggunakan



Sekian dan Terimakasih

wasalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

imam nurfii




Tidak ada komentar:

Posting Komentar